TEBING CUPANG ARENA PANJAT TEBING ALAM DI DESA CUPANG KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON




TEBING CUPANG ARENA PANJAT TEBING ALAM DI DESA CUPANG KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON , Disebelah Objek Wisata Batu Lawang Desa Cupang Kec. Gempol Kabupaten Cirebon yang indah dan Eksotis karena batu lawang ini terbentuk secara alami bukan bekas galian dan info ini kami dapat berdasarkan Aparat Desa Setempat .





Tepat disebelah Batu Lawang terdapat juga Arena Panjat Tebing Alami yang bernama Tebing Cupang dan  jalur pemanjatan di tebing Lawang ini telah dibuat oleholeh gabungan Tim tersebut bersama Komunitas Panjat Tebing Cirebon (KPTC), jalur pemanjatan yang dibuat ada 7 jalur pemanjatan, di tebing Lawang sendiri terdapat 4 jalur pemanjatan dengan grdae (tingkat kesulitan) mencapai 5.7 sampai 15. Tekhnik yang digunakan dalam pembukaan jalur di tebing lawang sendiri menggunakan tekhnik Aid Climbing karena medan batuan yang flat atau blangk sehingga diperlukan tekhnik Aid Climbing.

Jalur pemanjatan teah dibuat oleh Komunitas Panjat Tebing Cirebon (KPTC), Jadi bagi yang hobi atau Komunitas Panjat Tebing silahkan kalian manfaatkan jalur tersebut sebaik mungkin. Bila perlu silahkan kalian tambah jalur yang dibuat oleh KPTC. Dan pihak KPTC berpesan perkenalkanlah panjat tebing pada teman, saudara, bapa, ibu, adik, kaka dan lainnya tentang panjat tebing. Ajaklah mereka untuk memanjat tebing, sehingga panjat tebing ini tidak hanya dinikmati oleh kaum minoritas pecinta alam saja, melainkan secara umum dan menyeluruh bagi seluruh masyarakat indonesia. Anak-anak ajari panjat tebing, biarkan mereka mengacu pada sport climbing yaitu spider kids, yang muda ajaklah untuk memanjat tebing dan kenalkanlah tentang adventure climbing".

Tebing Cupang memiliki dua tempat, yang pertama di dinamakan tebing Cupang dan yang kedua dinamakan tebing Lawang atau Batu Lawang. Tebing cupang yang pertama ini memiliki ketinggian 23 – 30 meter dan lebar tebing mencapai ± 50 meter dengan jenis batuan andesit dan memiliki 4 jalur pemanjatan yang dibuat pada tahun 1993 an oleh tim dari Bandung dan FPTI Cirebon. Lokasi tebing Cupang Desa Cupang Kabupaten Cirebon yang pertama inilah yang paling banyak dipakai oleh pemanjat di wilayah 3 Cirebon.

Tebing Lawang (dalam bahasa jawa yang artinya pintu) memiliki ketinggian beragam, mulai dari 30 meter sampai 100 meter lebih dan memiliki lebar kurang lebih 200 meter dengan jenis batuan andesit. Dinamakan tebing lawang karena dari bentuk tebing yang mirip dengar pintu rumah jaman dulu, lokasi tebing Lawang ini berada di gunung jaya, persis berada di belakang tebing Cupang. Tebing Lawang belum lama ini telah dibuat jalur pemanjatan oleh Tim Merah Putih dan Komunitas Panjat Tebing Cirebon (Mapala, OPA, dan Sispala) sebanyak 4 jalur pemanjatan. Di gunung jaya sendiri terdapat wisata religi situs Sunan Bonang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar wilayah cirebon dan luar daerah.

Silahkan Berbagi Share Info Ini ke Teman anda Melalui Facebook,Twitter dan Google plus di bawah ini ::




Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot