MASKOT PORSENITAS KABUPATEN CIREBON KURA-KURA BELAWA




MASKOT PORSENITAS KABUPATEN CIREBON KURA-KURA BELAWA , Maskot Porsenitas V Kabupaten Cirebon 13-17 Desember adalah Kura-Kura Belawa .

•    Maskot PORSENITAS V BKAD KUNCI BERSAMA Tahun 2016 Kabupaten Cirebon adalah  kura kura Belawa.

•    Pemilihan kura kura Belawa sebagai maskot  adalah sebagai wujud untuk mengingatkan kita, bahwa hewan tersebut hanya ada di Kabupaten Cirebon dan populasinya terancam punah.

Makna Filosofi Kura Kura Belawa Sebagai Maskot Porsenitas V Kab. Cirebon 13-17 Desember 2016 ::

Sebagai maskot, kura-kura Belawa memakai iket alias pengikat kepala khas Cirebon dengan motif batik mega mendung. Kesemuanya mencerminkan nilai tradisi dan karakter masyarakat Kabupaten Cirebon yang memiliki filosofi hidup : ajining badan déning busana, ajining diri déning pakarti, ajining bangsa déning budaya, ajining budaya déning agama ,

Artinya : “ ajining badan déning busana, maknanya penghargaan lahir (fisik) ada pada pakaian atau busana. “ajining diri déning pakarti”, dimaknai jika bobot pribadi itu ada pada perilaku atau budi pekerti.   “ajining bangsa déning budaya”, dimaknai jika penghargaan salah satu bangsa itu ada dalam kebudayaannya dan “ajining budaya déning agama”, dimaknai dengan penghargaan budaya semuanya ada pada agama.

Diambilnya kura-kura Belawa karena hewan tersebut adalah hewan endemik Cirebon dengan nama latin Amyda cartilaginea yang hanya berada di Desa Belawa Kecamatan Lemah Abang.
Ciri khas Kura-kura Belawa yang paling mencolok adalah warna batok/tengkorak dan ukuran berat badannya, sehingga Kura-kura Belawa ini masuk kategori langka.

Upaya penyelamatan fauna khas Cirebon ini telah dilakukan secara optimal oleh berbagai pihak terkait termasuk oleh masyarakat sekitar. Sampai saat ini, Kura-Kura Belawa yang sedang dikarantina oleh masyarakat setempat di kolam pemeliharaan yang lain hanya berjumlah 12 ekor untuk ukuran dewasa, tukik sekitar 50 ekor dan telur sekitar 45 butir.

Harapan semua pihak semoga Kura-Kura Belawa yang masih tersisa dapat terus hidup agar kelestariannya dapat tetap terjaga dan keberadaannya sebagai fauna khas Cirebon tetap dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Silahkan Berbagi Share Info Ini ke Teman anda Melalui Facebook,Twitter dan Google plus di bawah ini ::




Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot