BATU LAWANG OBJEK WISATA TERSEMBUNYI YANG INDAH DAN EKSOTIS DI DESA CUPANG KABUPATEN CIREBON




BATU LAWANG OBJEK WISATA TERSEMBUNYI YANG INDAH DAN EKSOTIS DI DESA CUPANG KABUPATEN CIREBON , Mungkin warga Cirebon sendiri masih sedikit yang mengetahui Objek Wisata Alam Batu Lawang ini, karena ternyata di Desa Cupang ini memiliki Obyek Wisata Alam  yang Indah dan Eksotis yaitu Batu Lawang . Batu Lawang ini terletak cukup dekat dari Balai Desa Cupang sekitar kurang lebih 1 Km, Batu Lawang merupakan tebing yang menempel pada Bukit Jaya. Tempat Alamat Menuju Objek Wisata Batu Lawang Desa Cupang Kabupaten Cirebon ini terletak di Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon ini menawarkan keindahan alamnya.

Jika Anda ingin menuju Lokasi Tempat batu Lawang Cupang Gempol Kabupaten Cirebon ini ada dua jalan, Peta Google Map Batu Lawang Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon yang pertama Arah Ciwaringin dekat Rumah sakit Sumber Waras kemudian belok ke arah Kiri, yang kedua dari Arah Prapatan belok ke ki kiri arah Rajagaluh terus lurus sekitar 1 km kemudian belok ke kiri melewati jembatan lalu lurus terus sedikit kemudian belok ke kiri melewati area persawahan yang indah, untuk jadi patokan adalah Balai Desa Cupang karena lokasi ini dekat dengan Balai Desa Cupang dan jika kesulitan menemukan tempat ini silahkan bertanya saja ke warga sekitar .

Batu Bukit Batu Lawang ini bentuknya mirip seperti Lawang (Pintu) yang terbentuk secara Alami. Batu Lawang, terlihat tebing indah dan cantik. Tebing ini begitu unik, disertai alam yang masih asri dan Eksotis. Disini juga terdapat olahraga panjat tebing.

Sedangkan tempat memanjat  Tebing Cupang yang letaknya sebelah Batu Cupang adalah salah satu tempat destinasi wisata olahraga alam bebas panjat tebing alami bagi masyarakat penggiat panjat tebing di wilayah 3 cirebon (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan). Lokasi tebing Cupang ini berada di Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon tepat berada di sebelah Objek Wisata Batu Lawang. Nama tebing Cupang sendiri tak lain diambil dari nama Desa Cupang sendiri, sehingga masyarakat menyebutnya tebing Cupang.

Tebing Cupang memiliki dua tempat, yang pertama di dinamakan tebing Cupang dan yang kedua dinamakan Tebing Lawang atau Batu Lawang. Tebing cupang yang pertama ini memiliki ketinggian 23 – 30 meter dan lebar tebing mencapai ± 50 meter dengan jenis batuan andesit dan memiliki 4 jalur pemanjatan yang dibuat pada tahun 1993 an oleh tim dari Bandung dan FPTI Cirebon. Lokasi tebing cupang yang pertama inilah yang paling banyak dipakai oleh pemanjat di wilayah 3 Cirebon.

Tebing Lawang atau Batu Lawang (dalam bahasa jawa yang artinya pintu) memiliki ketinggian beragam, mulai dari 30 meter sampai 100 meter lebih dan memiliki lebar kurang lebih 200 meter dengan jenis batuan andesit. Dinamakan tebing lawang karena dari bentuk tebing yang mirip dengar pintu rumah jaman dulu, lokasi tebing Lawang ini berada di gunung jaya, persis berada di sebelah tebing Cupang. Tebing Lawanng ini telah dibuatkan jalur pemanjatan oleh Tim Merah Putih dan Komunitas Panjat Tebing Cirebon (Mapala, OPA, dan Sispala) sebanyak 4 jalur pemanjatan. Di gunung jaya sendiri terdapat wisata religi situs Sunan Bonang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar wilayah cirebon dan luar daerah.

Kumpulan Foto Obyek Wisata Batu Lawang Desa Cupang Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon ::











Silahkan Berbagi Share Info Ini ke Teman anda Melalui Facebook,Twitter dan Google plus di bawah ini ::




Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot