SEJARAH ASAL USUL EMPAL GENTONG KHAS CIREBON




SEJARAH ASAL USUL EMPAL GENTONG KHAS CIREBON , Telah diketahui bersama bahwasannya Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai yang dimasak dengan menggunakan kayu bakar di dalam sebuah gentong /periuk tanah liat. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Dan mungkin banyak yang bertanya Dari Desa Mana Empal Gentong Berasal ?? Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Nama empal gentong memang sesuai dengan bahan utama racikan hidangan berkuah asal Cirebon ini. Nama empal menunjukkan bahan utamanya memang daging sapi dengan sedikit lemak. Sedangkan sebutan gentong untuk menunjukkan proses memasaknya memakai kuali atau periuk tanah liat.

Istilah empal di Cirebon adalah gulai, bukan gepuk atau dendeng. Disebut demikian karena dimasak paling sedikit lima jam dalam gentong atau kuali menggunakan bahan bakar khusus, yaitu kayu dari pohon asam. Hal itu guna menciptakan rasa dan tingkat keempukan daging. Cara memasak dengan kuali ini sudah dilakukan secara turun temurun. Wadah tanah liat yang sudah dipakai bertahun-tahun akan memberi sentuhan rasa sedap yang tiada tara. Tentu saja karena kerak bumbu sudah mengendap di pori-pori tanah liatnya.

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan dengan daun kucai (Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling. Sambal empal gentong ini sangatlah pedas sebab merupakan saripati cabai merah kering yang kemudian ditumbuk. Empal gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Lontong menurut orang cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.

Pada saat disajikan api harus tetap membara untuk menjaga suhu makan standar. Paduan daun kucai sebagai penyedap sekaligus penetralisir lemak serta sambal cabai kering dan kerupuk rambak (kerupuk kulit kerbau) menjadikan rasa yang khas.

Mungkin anda banyak yang bertanya seputar Empal Gentong Cirebon diantaranya Yaitu ::



Alamat Empal Gentong Asem Amarta
Harga Empal Gentong Asem Amarta
Pemilik Empal Gentong Asem Amarta
Alamat Empal Gentong  H.Apud
Harga Empal Gentong H.Apud
Alamat Empal Gentong Mang Darma
Harga Empal Gentong Mang Darma

Mencari pedagang empal gentong di Daerah Cirebon tidaklah sulit salah satunya di Daerah Desa Betembat setelah Pasar Kueh Plered dan anda akan Melewati Sebuah Jembatan Sungai Besar  Nah setelah jemabatan itu terdapat banyak penjual Empal Gentong diantaranya Empal Gentong AMARTA, Empal Gentong H.APUD, Empal Gentong HJ. Dian yang Lokasinya tepat Di Pinggir Jalan Besar Cirebon-Jateng sehingga menimbulkan Kemacetan . Akan tetapi ada penjual Empal Gentong yang Terkenal Seperti Empal Gentong yang ngetop di Cirebon adalah Mang Darma yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi. Ia sudah berjualan empal sejak tahun 1948 secara berkeliling di Kota Cirebon. Empal gentong Mang Darma juga bisa di temukan di beberapa tempat lainnya di Cirebon seperti di Pujagalana, Stasiun Kereta Cirebon atau di Grage Mal yang semuanya dikelola anak-anak Mang Darma. Alamat Empal Gentong Mang Darma di Jakarta ?? Di Jakarta, Empal gentong Mang Darma bisa ditemukan di daerah Bintaro. Harga semangkok Empal Gentong sekitar Rp. 20.000 klo empal gentong di jalanan biasa sekitar Rp. 10.000.Silahkan Baca Juga Resep Masakan Empal Gentong Khas Cirebon

Silahkan Berbagi Share Info Ini ke Teman anda Melalui Facebook,Twitter dan Google plus di bawah ini ::




Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot